Thursday, October 26, 2017

Pesona Air Terjun Petakeang, Bulo, Polewali Mandar

Air terjun cantik ini berada di dusun Petakeang, desa Lenggo, kecamatan Bulo, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dari strukturnya yang memanjang mirip dengan Air Terjun Lebeng di kabupaten Mamuju. Letak air terjun ini di batas antara kabupaten Mamasa dan Polewali Mandar, bahkan lokasi yang lebih menarik juga terletak di bagian hulu air terjun ini, jika ingin melihatnya maka butuh energi ekstra untuk mendaki permukaan yang lebih tinggi. 

Aliran sungai Salu Mabokkang merupakan sungai yang berhubungan langsung dengan air yang mengaliri air terjun Petakeang. Untuk dapat sampai ke wilayah Lenggo saja beberapa orang menyatakan ini adalah jalur yang ekstrim, butuh waktu yang lama hingga bisa sampai ke wilayah ini. 

Untuk soal pesonanya, maka air terjun Petakeang bisa dikata lumayan cantik, debit airnya banyak dengan kondisi alam sekitar yang masih memiliki udara bersih dan vegetasi hijau.

air terjun petakeang bulo polman
Air terjun Petakeang di dusun Petakeang, desa Lenggo, kecamatan Bulo, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Ary Bahri)
Sama seperti air terjun yang berada di pelosok dan pedalaman air terjun Petakeang hanya diakses oleh sedikit orang saja, terutama mereka para pemburu keindahan air terjun, penyuka petualangan, dan pemuda sekitar dusun.

air terjun petakeang polman
Bagian dasar air terjun Petakeang di dusun Petakeang, desa Lenggo, kecamatan Bulo, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Ary Bahri)

air terjun petakeang polman sulbar
Air terjun Petakeang di dusun Petakeang, desa Lenggo, kecamatan Bulo, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Ary Bahri)
Kontributor :
Foto : Ary Bahri
Teks : Muhammad Tom Andari

Start typing and press Enter to search